Tellescoping Effect

Suatu fenomena yang menakjubkan dan jarang terjadi.  Kalau saja Anda seorang seorang pemerhati alam atau pendaki gunung dan hobby mencermati fenomena alam sepertinya harus datang ketempat ini. Suatu keajaiban terjadi pada vegetasi di Padang Kuku (Nama bagian blok Hutan Lambusango yang luasnya sekitar 5 Ha).

Di daerah tersebut ditumbuhi oleh vegetasi menakjubkan, ditumbuhi pohon-pohon kerdil daun tebal dan batangnya bengkok-bengkok.  Kondisi semacam ini biasanya terjadi pada suatu kawasan pada ketinggian di atas  1000 m dpL (alpine atau sub alpine).  Tapi, fenomena di Padang Kuku hanya terjadi pada ketinggian 350 – 375 m dpL.

Adalah Pulau Buton dan Hutan Lambusangonya yang telah mempersembahkan sejuta keajaiban bagi pengagum alam liar. Seolah tidak cukup dengan jenis-jenis satwa endemik saja, Hutan Lambusango telah mempersembahkan keajaiban tambahan yang seakan tidak pernah habis

.

Kawasan seperti di Padang Kuku, memang sangat jarang ditemui. Oleh karenanya IUCN telah mengukuhkan menjadi kawasan yang harus benar-benar dilindungi.  Fenomena yang terjadi di Padang Kuku disebut oleh para ahli sebagai tellescoping effect.  Layaknya kalau kita melihat satwa dengan teleskop, yang tadinya jauh bisa terlihat lebih dekat.  Demikian halnya dengan kondisi ini yang harusnya terjadi pada ketinggian di atas 1000 m, hanya terjadi pada ketinggian di bawah 400 m dpL.

Padang Kuku menghadap teluk Kapontori, di lautan lepas,  banyak terjadi penguapan air laut, juga sering membentuk kabut.  Penutupan kabut tersebut sering menutupi cahaya matahari ke lantai hutan sehingga menghambat fotosintesis tumbuhan, ditambah substrat tanah di Padang Kuku juga tercatat agak berbeda dengan bagian lain Hutan Lambusango.  Oleh karena itu, selain disebut dengan hutan kerdil (dwarf forest), Padang Kuku juga disebut dengan (cloud forest).

Henry Ali Singer

Categories: Biodiversity | 1 Comment

Post navigation

One thought on “Tellescoping Effect

  1. Esti Hasrawaty

    wauw….. padang ku2 mmng is the best la…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: